cover image for Walkthrough Final Fantasy Bahasa Indonesia Lengkap

Walkthrough Final Fantasy Bahasa Indonesia Lengkap

Walktrough lengkap game Final Fantasy Bahasa Indonesia

Rizki Ramadandi
Penulis
34
View(s)
{{ readingTime }}
Waktu baca
17 Juli, 2023
Tanggal publikasi
15 Desember, 2023
Tanggal sunting terakhir
Daftar Blog Walkthrough Final Fantasy Bahasa Indonesia Lengkap

Final Fantasy atau dikenal dengan nama Final Fantasy 1 merupakan seri pertama dari seri Final Fantasy. Final Fantasy menceritakan tentang empat orang Warrior of Light yang menyelamatkan dunia dari kegelapan dengan memulihkan empat kristal (Earth, Fire, Water, dan Wind). Pada blog kali ini akan dijelaskan walkthrough lengkap yang dapat membantumu untuk menamatkan game Final Fantasy.


Guide ini ditulis berdasarkan game Final Fantasy versi GBA.


Menyusun party#

Sebelum memulai permainan, kamu perlu memilih job dan memberikan nama untuk keempat karakter dalam partymu.

  • Warrior: petarung yang memiliki serangan fisik yang kuat, memiliki HP dan pertahanan fisik yang cukup tinggi, dan dapat menggunakan banyak jenis senjata.
  • Thief: petarung yang memiliki kecepatan dan kemampuan menghindar yang cukup tinggi, tapi memiliki serangan yang cukup rendah.
  • Monk: petarung yang memiliki serangan fisik terkuat dan ahli dalam menggunakan serangan tangan kosong.
  • Red Mage: penyihir "jack of all trades" yang bisa menggunakan White Magic dan Black Magic level rendah sampai menengah, tapi tidak bisa menggunakan sihir tingkat lanjut.
  • White Mage: penyihir yang menggunakan White Magic, seperti memulihkan HP, menghilangkan debuff, bahkan menghidupkan kembali karakter yang telah mati.
  • Black Mage: penyihir yang menggunakan Black Magic, seperti sihir serangan elemen, dan memberikan debuff ke lawan.


ADVERTISEMENT

Menyelamatkan putri kerajaan Cornelia#

Ketika memulai permainan, kamu akan tiba di depan sebuah kerajaan di sebuah pulau yang dikelilingi oleh hutan bernama Cornelia. Masuk ke kastil dan temui raja. Raja meminta tolong kepadamu untuk menyelamatkan putrinya, Sarah yang diculik oleh Garland, seorang kesatria yang telah mengkhianati kerajaan ke sebuah tempat yang bernama Chaos Shrine, utara dari Cornelia dengan imbalan memperbaiki jembatan yang berada di utara dari Cornelia. Pergi ke Chaos Shrine. Bicara dengan Garland dan kalahkan dia untuk menyelamatkan putri Sarah darinya.


Setelah berhasil mengalahkan Garland dan menyelamatkan putri Sarah, raja akan memenuhi janjinya untuk memperbaiki jembatan yang berada di utara dari Cornelia. Bicara kepada putri Sarah untuk mendapatkan sebuah Lute. Keluar dari kastil dan akan ada sebuah cuplikan jembatan sedang diperbaiki. Pergi ke jembatan dan akan ada sebuah prolog Final Fantasy.


Menghapus kutukan pangeran Elfheim#

Dari jembatan, jalan ke arah timur untuk sampai ke sebuah kota kecil yang bernama Pravoka. Dari air mancur yang berada di tengah kota, jalan ke arah kiri dan bicara dengan bajak laut. Kalahkan 9 Pirate, dan kamu akan mendapatkan sebuah kapal (ship).


Keluar dari kota, dan naiki kapal yang berada di dermaga Pravoka untuk pergi ke arah selatan. Parkirkan kapalmu di dermaga dan kamu akan tiba di sebuah kerajaan yang bernama Elfheim.


Dari Elfheim, pergi ke arah barat dan masuk ke sebuah lubang (Marsh Cave). Telusuri Marsh Cave sampai kamu tiba lantai B3. Pergi ke sebuah ruangan nomor 2 dari bawah dan 2 dari kiri. Di dalam ruangan tersebut, ada sebuah peti yang dikelilingi oleh patung batu. Kalahkan 2 Piscodemon yang menjaganya dan buka petinya untuk mendapatkan Crown.


Setelah berhasil mendapatkan Crown, keluar dari Marsh Cave dan pergi ke arah utara sampai kamu tiba di sebuah bangunan terbengkalai (Western Keep). Masuk ke Western Keep, dan pergi ke ruangan raja dan berikan Crown kepadanya. Akan tetapi, ternyata dia adalah Astos, raja dari dark elf. Kalahkan Astos, kamu akan mendapatkan sebuah Crystal Eye.


Naiki kapalmu, dan kembali ke Cornelia. Dari sana, lewati jembatan dan jalan ke arah utara untuk sampai ke sebuah gua (Matoya's Cave). Bicara kepada Matoya dan berikan Crystal Eye miliknya kepadanya. Matoya akan sangat berterima kasih kepadamu dan memberimu sebuah Jolt Tonic, sebuah obat yang bisa menyembuhkan segala hal.


Kembali ke kapalmu, dan pergi ke Elfheim, kali ini pergi ke kastilnya dan masuk ke sebuah ruangan yang ada seorang pangeran elf yang sedang tertidur akibat kutukan. Berikan Jolt Tonic untuk menghapus kutukannya agar dia terbangun dari tidurnya. Setelah terbangun, dia akan memberimu sebuah Mystic Key.


ADVERTISEMENT

Mengalahkan Lich (Fiend of Earth) dan memulihkan kristal tanah#

Setelah mendapatkan Mystic Key, naiki kapalmu dan kembali ke Cornelia dan masuk ke kastil. Pergi ke sebuah ruangan di sudut kanan atas dan buka ruangannya dengan menggunakan Mystic Key. Kamu akan mendapatkan Nitro Powder dari dalam salah satu peti yang berada di dalam ruangan tersebut.


Naiki kapalmu, dan berlayar ke arah barat dari Cornelia sampai kamu tiba di sebuah dermaga. Parkirkan kapalmu, dan jalan dari dermaga ke arah barat sampai kamu melihat sebuah gua (Mount Duergar). Masuk ke dalam gua dan pergi ke bawah dan bicara kepada Nerrick. Berikan Nitro Powder kepadanya dan dia akan menggunakannya untuk membuka jalan baru.


Kembali ke kapalmu, dan lewati jalan baru yang telah terbuka sampai kamu tiba di sebuah kota kecil yang bernama Melmond. Dari Melmond, pergi ke arah barat dan kemudian ke arah selatan dari persimpangan dan masuk ke sebuah gua (Cavern of Earth). Telusuri Cavern of Earth sampai kamu tiba di sebuah ruangan dengan sebuah peti dan Vampire yang menghalangi jalan di lantai B3. Kalahkan Vampire dan buka peti yang berada di belakangnya untuk mendapatkan sebuah Star Ruby. Jika kamu menelusuri jalannya, akan ada sebuah tablet batu misterius.


Keluar dari Cavern of Earth, dan pergi ke arah utara dan ke arah barat dari persimpangan. Kemudian masuk ke dalam gua (Giant's Cave). Bicara dengan raksasa, dan berikan Star Ruby kepada raksasa agar kamu bisa lewat.


Keluar dari Giant's Cave lewat pintu lainnya dan masuk lagi ke sebuah gua lainnya (Sage's Cave). Pergi ke ruangan pertapa dan bicara kepadanya. Karena kamu telah mengalahkan Vampire, pertapa kemudian memberimu


Kembali ke tempat tablet batu di Cavern of Earth dan gunakan Earth Rod untuk membuka jalan baru. Telusuri sampai kamu tiba di lantai B5. Masuk ke sebuah ruangan dan kamu akan melihat sebuah kristal besar dan Lich yang menjaganya. Kalahkan Lich dan pulihkan kristal tanah (selamat kamu telah memulihkan kristal pertamamu). Gunakan teleporter yang berada di bagian belakang kristal untuk keluar dari gua.


Mengalahkan Marilith (Fiend of Fire) dan memulihkan kristal api#

Naiki kapalmu, dan pergi ke arah timur dari kota Melmond. Tempeli saja daratan sampai kamu tiba di sebuah dermaga dekat sebuah kota yang bernama Crescent Lake. Masuk ke kota, dan pergi ke arah utara, kemudian timur sampai kamu melihat sekumpulan pertapa di dalam hutan. Bicara dengan salah satu pertapa dan dia akan memberikanmu sebuah sampan karena kamu telah berhasil mengalahkan Lich (Fiend of Earth) dan memulihkan kristal tanah.


Lewati sungai dekat Crescent Lake dengan menggunakan sampan. Ikuti aliran sungainya sampai kamu tiba di sebuah gunung api (Mount Bulg). Telusuri sampai kamu tiba di lantai B5. Ruangan bos berada di kiri bawah dari persimpangan. Kalahkan Marilith (Fiend of Fire) dan pulihkan kristal api. Gunakan teleporter yang berada di belakang kristal untuk langsung ke luar dari Mount Bulg.


ADVERTISEMENT

Mengalahkan Kraken (Fiend of Water) dan memulihkan kristal air#

Kembali ke kapalmu, dan berlayar ke arah utara. Akan ada sebuah dermaga tidak jauh dari sana. Setelah sampai ke dermaga, jalan ke arah barat dan lewati sungai dengan menggunakan sampan. Telusuri sungainya sampai kamu tiba di sebuah gua (Cavern of Ice). Telusuri gua sampai kamu sampai ke lantai B2. Jatuh ke salah satu retakan dan kembali ke lantai B2 untuk mengambil Levistone.


Kembali ke Crescent Lake, dan jalan ke arah selatan dan masuk ke sebuah gurun pasir (Ryukahn's Desert). Akan ada cuplikan kamu menggunakan Levistone untuk memanggil kapal udara yang terkubur di Ryukahn's Desert.


Dengan menggunakan kapal udara, pergi ke sebuah gurun pasir dan masuk ke Caravan untuk membeli Bottled Faerie. Kembali ke kapal udara, pergi ke sebuah kota yang dikelilingi oleh pegunungan (Gaia). Akan ada cuplikan dimana peri yang berada di dalam Bottled Faerie kabur. Dari pintu masuk, jalan ke arah barat sampai ke pojok dan lanjut ke arah utara dan kemudian ke arah timur, ikuti saja jalannya sampai kamu tiba di sebuah danau. Bicara dengan peri untuk mendapatkan Oxyale.


Sekarang, pergi ke kota Onrac. Dan jalan ke arah pojok kanan bawah kota dan bicara dengan seseorang yang berada di depan sebuah kapal selam/tong kayu. Naiki kapal selam untuk bisa tiba di Sunken Shrine. Dari pintu masuk, akan ada sebuah persimpangan. Pergi ke arah kanan untuk naik (5F) menemui para putri duyung dan mendapatkan Rosetta Stone. Kembali ke persimpangan, dan pergi ke arah kiri dari persimpangan untuk turun. Telusuri sampai kamu tiba di lantai 1F. Kalahkan Kraken (Fiend of Water) dan pulihkan kristal air. Gunakan teleporter yang berada di belakang kristal untuk keluar dari Sunken Shrine.


Mengalahkan Tiamat (Fiend of Wind) dan memulihkan kristal angin#

Kembali ke kota Melmond, dan jalan ke arah pojok kanan atas dan bicara dengan Unne. Berikan Rosetta Stone kepadanya dan kamu akan diajarkannya bahasa Lufenian.


Naiki kapal udaramu, dan pergi ke sebuah kota yang bernama Lufenia. Bicara dengan seseorang yang berada di kanan untuk mendapatkan sebuah Chime.


Dengan menggunakan kapal udara, pergi ke dekat kota Onrac. Lewati sungai dengan menggunakan sampan dan pergi ke arah utara sampai kamu melihat sebuah air terjun. Masuki air terjun untuk masuk ke Waterfall Cavern. Telusuri sampai kamu tiba di sebuang ruangan yang berada di pojok kiri bawah. Masuki ruangannya dan biara dengan golem yang berada di ruangan tersebut untuk mendapatkan Warp Cube.


Kembali ke kapal udara, terbang ke gurun pasir yang ada menara besar di tengahnya (Mirage Tower). Masuki Mirage Tower dan telusuri sampai kamu tiba di lantai 3F. Gunakan Warp Cube untuk tiba di Flying Fortress. Telusuri sampai kamu tiba di lantai 5F. Kalahkan Tiamat (Fiend of Wind) dan pulihkan kristal angin.


ADVERTISEMENT

Chaos#

Setelah berhasil memulihkan semua kristal, kembali ke tempat kamu mengalahkan Garland untuk menyelamatkan putri kerajaan Cornelia, Sarah. Gunakan keempat kristal untuk kembali ke masa dua ribu tahun lalu. Gunakan kristalnya untuk masuk ke Chaos Shrine. Telusuri sampai ke lantai B5 dan masuk ke sebuah ruangan dan bicara dengan Garland. Garland kemudian berubah menjadi Chaos. Kalahkan Chaos dan selamatkan dunia.


Selamat!, dengan mengalahkan Garland yang telah berubah menjadi Chaos, kamu telah menamatkan game Final Fantasy.

ADVERTISEMENT

SUPPORT

Berikan supportmu kepada website https://www.rizki-ramadandi.com
Share this blog
Support me on
ADVERTISEMENT

BLOG YANG MIRIP

Beberapa blog yang mirip dengan blog Walkthrough Final Fantasy Bahasa Indonesia Lengkap

Walkthrough Digimon World Bahasa Indonesia Lengkap

Walktrough lengkap game Digimon World Bahasa Indonesia

Walkthrough Digimon World 2 Bahasa Indonesia Lengkap

Walktrough lengkap game Digimon World 2 Bahasa Indonesia

Cara Mendapatkan Job Lanjutan - Final Fantasy

Daftar job-job yang bisa kamu gunakan dan bagaimana cara mendapatkan job lanjutannya pada game Final Fantasy

Cara Mendapatkan Excalibur - Final Fantasy

Cara mendapatkan Adamantite untuk membuat pedang legendaris Excalibur pada game Final Fantasy

Cara Mendapatkan Kapal Udara - Final Fantasy

Cara mendapatkan kapal udara pada game Final Fantasy

Cara Mendapatkan Sampan - Final Fantasy

Cara mendapatkan sampan pada game Final Fantasy

Cara Mendapatkan Kapal - Final Fantasy

Cara mendapatkan kapal pada game Final Fantasy

Mode Game - Summoner's Greed

Semua mode game yang tersedia pada game Summoner's Greed

Daftar Huruf Bahasa Jepang: Hiragana & Katakana

Daftar huruf hiragana dan katakana untuk membantu belajar menulis dan membaca bahasa Jepang

Latihan Membaca Bahasa Jepang - Cerita Tsuru no Ongaeshi

Isi cerita Tsuru no Ongaeshi yang ditulis dalam bentuk hiragana dan kanji untuk keperluan latihan membaca bahasa Jepang
ADVERTISEMENT
Kata kunci: walktrough, game, walkthrough, final, fantasy, bahasa, indonesia, lengkap, walktrough lengkap, lengkap game, game final, walkthrough final, final fantasy, fantasy bahasa, bahasa indonesia, indonesia lengkap, walktrough lengkap game, lengkap game final, game final fantasy, walkthrough final fantasy, final fantasy bahasa, fantasy bahasa indonesia, bahasa indonesia lengkap, walktrough lengkap game final, lengkap game final fantasy, game final fantasy bahasa, walkthrough final fantasy bahasa, final fantasy bahasa indonesia, fantasy bahasa indonesia lengkap, walktrough lengkap game final fantasy, lengkap game final fantasy bahasa, game final fantasy bahasa indonesia, walkthrough final fantasy bahasa indonesia, final fantasy bahasa indonesia lengkap, walktrough lengkap game final fantasy bahasa, lengkap game final fantasy bahasa indonesia, walkthrough final fantasy bahasa indonesia lengkap, walktrough lengkap game final fantasy bahasa indonesia
KONTEN YANG MIRIP
Walkthrough Digimon World Bahasa Indonesia Lengkap cover image
Walkthrough Digimon World Bahasa Indonesia Lengkap
Walktrough lengkap game Digimon World Bahasa Indonesia
15 Desember, 2023
32 View(s)
Walkthrough Digimon World 2 Bahasa Indonesia Lengkap cover image
Walkthrough Digimon World 2 Bahasa Indonesia Lengkap
Walktrough lengkap game Digimon World 2 Bahasa Indonesia
06 April, 2023
55 View(s)
Cara Mendapatkan Job Lanjutan - Final Fantasy cover image
Cara Mendapatkan Job Lanjutan - Final Fantasy
Daftar job-job yang bisa kamu gunakan dan bagaimana cara mendapatkan job lanjutannya pada game Final Fantasy
01 Mei, 2024
14 View(s)
Cara Mendapatkan Excalibur - Final Fantasy cover image
Cara Mendapatkan Excalibur - Final Fantasy
Cara mendapatkan Adamantite untuk membuat pedang legendaris Excalibur pada game Final Fantasy
15 Desember, 2023
8 View(s)
Cara Mendapatkan Kapal Udara - Final Fantasy cover image
Cara Mendapatkan Kapal Udara - Final Fantasy
Cara mendapatkan kapal udara pada game Final Fantasy
15 Desember, 2023
3 View(s)
Cara Mendapatkan Sampan - Final Fantasy cover image
Cara Mendapatkan Sampan - Final Fantasy
Cara mendapatkan sampan pada game Final Fantasy
15 Desember, 2023
7 View(s)
Cara Mendapatkan Kapal - Final Fantasy cover image
Cara Mendapatkan Kapal - Final Fantasy
Cara mendapatkan kapal pada game Final Fantasy
15 Desember, 2023
2 View(s)
Mode Game - Summoner's Greed cover image
Mode Game - Summoner's Greed
Semua mode game yang tersedia pada game Summoner's Greed
19 Juli, 2023
9 View(s)
Daftar Huruf Bahasa Jepang: Hiragana & Katakana cover image
Daftar Huruf Bahasa Jepang: Hiragana & Katakana
Daftar huruf hiragana dan katakana untuk membantu belajar menulis dan membaca bahasa Jepang
13 Februari, 2024
98 View(s)
Latihan Membaca Bahasa Jepang - Cerita Tsuru no Ongaeshi cover image
Latihan Membaca Bahasa Jepang - Cerita Tsuru no Ongaeshi
Isi cerita Tsuru no Ongaeshi yang ditulis dalam bentuk hiragana dan kanji untuk keperluan latihan membaca bahasa Jepang
22 Maret, 2024
195 View(s)
MUNGKIN KAMU JUGA SUKA
Penjelasan Karakter Renegade - Brotato cover image
Penjelasan Karakter Renegade - Brotato
Penjelasan karakter Renegade pada game Brotato
02 Oktober, 2024
1 View(s)
Cara Mendapatkan DigiSeabass - Digital Tamers 2 cover image
Cara Mendapatkan DigiSeabass - Digital Tamers 2
Apa itu DigiSeabass dan bagaimana cara mendapatkannya pada game Digital Tamers 2
28 September, 2024
1 View(s)
Cara Mendapatkan Deluxe Mushroom & DigiWater untuk Drimogemon - Digital Tamers 2 cover image
Cara Mendapatkan Deluxe Mushroom & DigiWater untuk Drimogemon - Digital Tamers 2
Bagaimana cara mendapatkan Deluxe Mushroom dan DigiWater untuk Drimogemon pada game Digital Tamers 2
27 September, 2024
2 View(s)
Penjelasan Karakter King - Brotato cover image
Penjelasan Karakter King - Brotato
Penjelasan karakter King pada game Brotato
26 September, 2024
2 View(s)
Cara Mengundang Meramon ke Server City - Digital Tamers 2 cover image
Cara Mengundang Meramon ke Server City - Digital Tamers 2
Bagaimana cara mengundang Meramon ke Server City pada game Digital Tamers 2
26 September, 2024
1 View(s)
Bahan Apa yang Dicari Oleh Burgamon? - Digital Tamers 2 cover image
Bahan Apa yang Dicari Oleh Burgamon? - Digital Tamers 2
Bahan yang dicari oleh Burgamon pada game Digital Tamers 2
25 September, 2024
1 View(s)
Alur Misi Koromon - Digital Tamers 2 cover image
Alur Misi Koromon - Digital Tamers 2
Bagaimana alur misi dari Koromon besar pada game Digital Tamers 2
24 September, 2024
2 View(s)
Penjelasan Karakter Golem - Brotato cover image
Penjelasan Karakter Golem - Brotato
Penjelasan karakter Golem pada game Brotato
20 September, 2024
2 View(s)
Penjelasan Karakter Fisherman - Brotato cover image
Penjelasan Karakter Fisherman - Brotato
Penjelasan karakter Fisherman pada game Brotato
14 September, 2024
1 View(s)
Penjelasan Karakter Cryptid - Brotato cover image
Penjelasan Karakter Cryptid - Brotato
Penjelasan karakter Cryptid pada game Brotato
09 September, 2024
3 View(s)
KONTEN LAINNYA
Blog
Koleksi blog random
Resource
Koleksi berbagai macam resource gratis
Tool
Koleksi online tools berbagai macam fungsi
Game
Koleksi berbagai macam game sederhana
Abbreviation
Koleksi abreviasi/singkatan